• Sabtu, 25 Juni 2022

Perbanyak Amalan Ini Ketika Menghadapi Malam Lailatul Qadar Untuk Memanen Banyak Pahala

- Rabu, 20 April 2022 | 07:39 WIB
Malam lailatul qadar (Pixabay/mohamed_hassan)
Malam lailatul qadar (Pixabay/mohamed_hassan)

Protokol24 - Malam Lailatul Qadar adalah malam yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadan. Betapa tidak, pada malam tersebut al-Quran diturunkan ke bumi. Namun demikian, para ulama sepakat bahwa tanggal turunnya belum bisa dipastikan.

Ulama Besar Buya Yahya mengatakan, intinya al-quran diturunkan pada malam lailatul qadar. Terkait tanggal berapa, hal itu belum bisa dipastikan. Ada yang berpendapat 18 ramadan dan ada pula yang berpendapatr 25 ramadan. Yang terpenting kata Buya, bukan soal tanggalnya melainkan pesan yang dibawa dalam malam lailatul qadar.

Baca Juga: Mengenal Nu'Aiman, Sahabat Rasul yang kocak karena Jual Temannya Sendiri karena Kesal tak diberi Makan

Sementara itu, ada banyak amalan yang bisa kita lakukan dalam mengisi 10 hari terakhir bulan Ramadan. Utamanya kita harus memperbanyak ibadah sebagai bagian dari peningkatan keimanan kepada Allah SWT.
Ustadz Syafiq Riza Basalamah mengatakan, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan seperti berikut ini, dikutip dari laman Youtube, Rabu 20 April 2022.

Baca Juga: Ini Tanggapan Polda Jabar Terkait Aksi Unjuk Rasa yang Digelar Pada 25 Titik,

1. Perbanyak ibadah


Ustadz Riza mengatakan, perbanyak ibadah utamanya shalat malam baik itu tarawih ataupun tahajud. Semangat mengerjakan tarawih pada 10 hari tarakhir ramadan haruslah lebih besar dibanding 20 hari awal ramadan.

Dia mengkisahkan, dahulu rasul hanya membangunkan istrinya untuk shalat malam saat menjelang witir saja. Namun pada 10 hari terakhir Ramadan, rasul membangunkan istrinya sebelum witir dan meminta agar shalat malam. Intinya, semangat menjalankan ibadah shalat malam pada 10 hari terakhir ramadan haruslah lebih besar.

Baca Juga: Tawuran Sarung Berujung Maut Remaja 14 Tahun Jadi Korbannya, Polisi Tetapkan Dua Orang Tersangka

2. Perbanyak membaca al-quran


Amalan selanjutnya adalah dengan memperbanyak bacaan al-quran. Kalau bisa, menurutnya, khatam dalam jangka 10 hari terakhir bulan ramadan.

Baca Juga: Berpotensi Picu Kerumunan Hingga Gesekan Sosial, Kapolda Jabar Tegaskan Aktivitas SOTR Dilarang

3. Itikaf


Amalan utama lain yang bisa dilakukan adalah dengan melaksanakan itikaf di masjid. Agar sempurna maka itikaf harus dilakukan selama 10 hari penuh di akhir ramadan di dalam masjid. Namun jika tak bisa, beritikaflah di hari-hari ganjil.

Baca Juga: Berpotensi Picu Kerumunan Hingga Gesekan Sosial, Kapolda Jabar Tegaskan Aktivitas SOTR Dilarang

Ustadz Riza mengatakan, itikaf sejam di masjid pun tak apa namun hitungannya tak sempurna. Jadi ada baiknya untuk menyisihkan waktu selama 10 hari di waktu terakhir Ramadan.

"Dalam setahun kita menyisihkan waktu sepuluh hari untuk fokus beribadah,"  ungkapnya.***

Halaman:

Editor: Irma Cristine

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X