• Sabtu, 26 November 2022

Hari Asyura Torehkan Sederet Peristiwa Sejarah, Ini Catatan Pentingnya

- Senin, 8 Agustus 2022 | 12:13 WIB
Ilustrasi Kemuliaan Bulan Muharram (Pixabay.com)
Ilustrasi Kemuliaan Bulan Muharram (Pixabay.com)

 

PROTOKOL24 - Muharram menjadi salah satu bulan yang sangat istimewa dan mulia bagi umat Islam, tidak saja karena menjadi bulan pertama dalam kalender hijriyah atau menandai tahun baru Islam.

Muharram menjadi bulan istimewa dan mulia salah satunya dikarenakan banyak peristiwa penting yang terjadi di dalamnya, bahkan keutamaannya terdapat pada hari kesepuluh atau Hari Asyura.

Tidak saja kerana banyak peristiwa penting yang terjadi, Allah SWT juga menjadikan bulan Muharram sebagai salah satu dari empat bulan haram dalam Islam.

Kemuliaan Muharram ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an, “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36).

Baca Juga: Peduli Pendidikan Diniyah, Bupati Indramayu Raih Penghargaan FKDT Jawa Barat 

Dikutip Protokol24 dari Pikiran-Rakyat.com, setidaknya ada 14 peristiwa penting yang terjadi di hari kesepuluh bulan Muharram atau hari Asyura.

Hal seperti dirangkum dari kitab klasik umat Islam, Kitab I’anah at-Thalibin, II/267, yang didalamnya merangkum beberapa peristiwa bersejarah.

Peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di hari itu, antara lain:
1. Diterimanya taubat Nabi Adam as oleh Allah SWT setelah diturunkan dari surga.
2. Diangkatnya Nabi Idris as ke tempat yang tinggi.
3. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan.
4. Selamatnya Nabi Ibrahim as dari siksa Namrud, berupa api yang membakar.
5. Nabi Yusuf as dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah.

Baca Juga: Polisi Ciduk Tersangka Pembunuhan Supir Taksi Online, Pelaku Terjerat Hutang Akibat Judi Online

Halaman:

Editor: Cipyadi

Tags

Terkini

Terpopuler

X