• Sabtu, 25 Juni 2022

Tak Usah Khawatir! WNI dari Negara Potensi Omicron Tetap Boleh Masuk, Tapi Ada Syaratnya

- Rabu, 1 Desember 2021 | 15:46 WIB
Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta (Setkab)
Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta (Setkab)

Protokol24 – Pemerintah menegaskan bahwa WNI (Warga Negara Indonesia) yang datang wilayah penyebaran Omicron tak akan ditolak masuk. Bagi WNI yang hendak pulang dipersilahkan masuk ke Indonesia. Meski saat ini pemerintah sudah menerapkan pembatasan masuk bagi warga yang berasal dari luar negeri.

Baca Juga: Ini Gejala Omicron Varian Baru Covid-19, Apakah Lebih Menular?

Hingga saat ini, pemerintah sudah membatasi asal negara yang boleh masuk. Negara yang kena pembatasan itu antara lain kebanyakan dari Benua Afrika seperti Zimbabwe, Namibia, Botswana, Afrika Selatan, Lesotho, Mozambik, Malawi, Angola, Zambia dan Hong Kong.

Baca Juga: Anggaran MPR Dipotong Sri Mulyani Untuk Penanganan Covid-19, Petinggi MPR Protes

Kepala Bagian humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham Arya Pradhana mengatakan, yang paling penting paspor para WNI masih berlaku dan mematuhi protokol kesehatan. Baik yang ditetapkan bagi perjalanan internasional dan ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Aturan karantina selama 14 hari juga harus dijalani bagi WNI yang berasal dari negara-negara yang terkena pembatasan masuk.

Baca Juga: Ini Gejala Omicron Varian Baru Covid-19, Apakah Lebih Menular?

Untuk masuk ke Indonesia juga, mereka wajib mempunyai sertifikat vaksinasi Covid-19 dan test PCR maksimal 3x24 jam sebelum berangkat.

Adapun pemeriksaan imigrasi untuk penumpang internasional masih dilakukan di Bandara Soekarno Hatta dan Sam Ratulangi di Manado.

Halaman:

Editor: Irma Cristine

Sumber: Antaranews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X