• Sabtu, 25 Juni 2022

Respon Cepat Pertamina Perbaiki Kebocoran Pipa Tanggapi Keluhan Warga

- Jumat, 18 Maret 2022 | 09:07 WIB
Tim Integrated Balongan serta Pertamina Transkontinental melakukan inspeksi di titik kebocoran dan sudah melakukan penyemprotan Dispersant, menggunakan Oil absorbent dan Oil Boom Untuk melokalisir ceceran solar. (PROTOKOL24)
Tim Integrated Balongan serta Pertamina Transkontinental melakukan inspeksi di titik kebocoran dan sudah melakukan penyemprotan Dispersant, menggunakan Oil absorbent dan Oil Boom Untuk melokalisir ceceran solar. (PROTOKOL24)


INDRAMAYU, PROTOKOL24- Tim Pertamina merespon cepat keluhan warga dengan segera melakukan perbaikan kebocoran pipa Sub Marine Pipe Line (SPL) bawah laut yang berisi bahan bakar minyak jenis solar.

Perbaikan terhadap kebocoran pipa Pertamina dilakukan di Jetty Cargo Integrated Terminal Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu pada Kamis 18 Maret 2022.

Pertamina segera merespon keluhan warga yang terganggu dengan bau menyengat dari tumpahan solar di dekat Pantai Balongan sejak Rabu hingga Kamis, 16-17 Maret 2022.

Baca Juga: Mainkan Harga Masker Kain Scuba Penanggulangan Covid-19, Empat Tersangka Rugikan Keuangan Daerah Rp4,6 Miliar 

Section Head Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Fahrougi A Sumampouw menjelaskan kebocoran pipa solar itu terjadi saat sedang dilakukan pekerjaan discharge solar dari kapal tanker ke tangki di Integrated Terminal Balongan.

Untuk mengatasi kebocoran, lanjutnya, Pertamina menurunkan tim penyelam untuk memperbaiki pipa yang bocor di dasar laut tersebut.

"Sudah ada tim yang turun (menyelam), Pertamina terus fokus menangani rembesan minyak di perairan dan dilakukan perbaikan pada titik rembesan pipa," ungkap Ogi, sapaan akrab Fahrougi A Sumampouw.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 2022, Termasuk Harga Tiket dan Cara Memperolehnya

Ceceran solar yang mencemari pantai di sekitar lokasi kebocoran pipa membentuk buih pekat dan mengeluarkan bau menyengat.

Pertamina memastikan upaya mengatasi kebocoran terus dilakukan, diantaranya Tim Integrated Balongan serta Pertamina Transkontinental melakukan inspeksi di titik kebocoran dan sudah melakukan penyemprotan Dispersant, menggunakan Oil absorbent dan Oil Boom di perairan serta pantai agar ceceran minyak bisa tertangani dan tidak meluas.

Tim Integrated Balongan juga berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu untuk melakukan pengambilan sampel minyak di pantai dan sekitar Anjungan Jetty Balongan.

Halaman:

Editor: Cipyadi

Sumber: PROTOKOL24

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X