• Jumat, 29 September 2023

Arus Mudik Hingga Balik Lebaran Dipastikan Lancar, Ini Penjelasan Kapolri

- Rabu, 26 April 2023 | 10:15 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Jabodetabek.id)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Jabodetabek.id)

 

 

JAKARTA,PROTOKOL24.- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terjun langsung memantau arus mudik hingga arus balik lebaran 2023.

Kapolri pun menanyakan langsung kepada para pemudik terkait pelayanan dan pengaturan arus mudik hingga arus balik lebaran tahun ini.

Dalam pantauan yang dilakukannya itu, beberapa pemudik yang dijumpai Kapolri mengaku merasakan pengalaman mudik yang lebik baik pada tahun ini bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Selain Temukan Ratusan Warga Meninggal Dunia Masuk DPS, Bawaslu Indramayu Temukan Pemilih Salah Penempatan

Dengan kondisi yang dinilai sudah baik ini, Kapolri menekankan agar seluruh jajarannya tetap bersiaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada pengamanan arus mudik hingga arus balik lebaran 2023.

"Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini ada distribusi sampai dengan hari Minggu nanti," ungkap Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ketika memantau di Rest Area KM 62 Tol Cikampek.

Kapolri saat Meninjau Arus Mudik Lebaran 2023
Kapolri saat Meninjau Arus Mudik Lebaran 2023

Ia meminta agar anggotanya selalu siap siaga, baik yang bertugas di tol maupun jalur arteri. Sehingga semua masyarakat bisa terlayani dengan baik.

Baca Juga: Kapuspen TNI Pastikan Oknum Prajurit Penendang Sepeda Motor Ibu dan Anak Sudah Ditahan 

Diprediksi akan ada 203 ribu kendaraan per hari yang melintas saat puncak arus balik. Namun berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan Kapolri, pada hari yang seharusnya menjadi puncak arus balik lebaran 2023, justru terjadi penurunan sebanyak 13 persen jumlah kendaraan dari prediksi.

Meski demikian, kesiapsiagaan petugas di lapangan tetap diperlukan untuk tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Menghadapi hal itu, Polri menyiapkan beberapa strategi, diantaranya rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas hingga pemberian diskon tol.

 Baca Juga: Idul Fitri, Momentum Perumdam Tirta Darma Ayu Evaluasi Perbaikan Diri dan Perusahaan

Di sisi lain, pemerintah juga telah memberikan kesempatan bagi ASN dan para pegawai BUMN untuk mengajukan cuti tambahan. Ini dilakukan untuk menghindari puncak arus balik.

Halaman:

Editor: Cipyadi

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X