• Jumat, 29 September 2023

435 Mahasiswa Universitas Wiralodra Dilepas Jalani KKN Tematik di Empat Kecamatan

- Kamis, 4 Mei 2023 | 12:54 WIB
Sebanyak 435 mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu dilepas untuk menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik yang dilaksanakan pada 35 desa di empat kecamatan.
Sebanyak 435 mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu dilepas untuk menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik yang dilaksanakan pada 35 desa di empat kecamatan.

 

INDRAMAYU,PROTOKOL24.- Universitas Wiralodra Indramayu melepas 435 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik atau KKN Tematik yang akan diterjunkan di empat kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Ratusan mahasiswa Universitas Wiralodra Indramayu itu, menjalani KKN tematik pada 35 desa di Kecamatan Arahan, Kedokanbunder, Kertasemaya dan Sukagumiwang.

Rektor Universitas Wiralodra Indramayu Ujang Suratno mengatakan pada kegiatan KKN Tematik 2023 ini terdapat perbedaan dari segi waktu pelaksanaan dan program, karena pada pelaksanaannya disertai dengan mata kuliah pendamping bagi para mahasiswa.

"Dengan tema pembangunan dan pemberdayaan desa kita berharap mahasiswa mampu bersinergi dengan masyarakat agar lebih berdaya dan kuat lagi," ungkapnya.

Baca Juga: Kementerian BUMN Lakukan Rekrutmen Bersama, Ini Penjelasan Erick Thohir 

Peserta KKN Tematik 2023 Universitas Wiralodra Indramayu ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Teknik.

Kehadiran mahasiswa di desa-desa, tidak saja karena keputusan akademik, atau bukan juga hanya untuk persyaratan menyelesaikan studi. Akan tetapi kehadirannya karena kerinduan akan warga desa, rindu menyambungkan rasa silaturahmi dengan warga.

"Yang lebih penting adalah mampu menumbuhkan harapan dan bersama membangun desa, itulah keberhasilan kita semua," tandasnya.

Baca Juga: Kartini Hebat Wujudkan Indramayu Bermartabat, Sukses Lewat Program Peri dan Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Yayasan Wiralodra Indramayu Dudung Indra Ariska berpesan agar mahasiswa mampu menjaga nama baik diri dan lembaga, karena mahasiswa merupakan masyarakat akademis.

Dikatakan Dudung, membangun dan memberdayakan masyarakat dengan skema emansipatoris dengan semangat yang berdasarkan inklusi sosial harus mampu mengadaptasikan dengan tantangan yang terjadi karena perubahan paradigma di masyarakat.

"Oleh karena itu disiplin ilmu yang didapat sampai hari ini harus didarmabhaktikan pada masyarakat saat pelaksanaan KKNT, sehingga kehadiran mahasiswa dapat dirasakan manfaatnya di masyarakat," katanya.

Pelepasan mahasiswa KKN Tematik 2023 dilepas bersama-sama oleh Rektor Universitas Wiralodra Indramayu Ujang Suratno, Ketua LPPM Yudhi Mahmud, dan Ketua Umum Yayasan Wiralodra Indramayu Dudung Indra Ariska, serta Ketua Pembina Yayasan Wiralodra Indramayu Darsono. Acara pelepasan juga dihadiri wakil rektor, direktur pascasarjana, hingga dekan di lingkungan Universitas Wiralodra.(*)

Editor: Cipyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X