• Sabtu, 25 Juni 2022

Tantangan Wartawan dan Inovasi PWI Indramayu Hadapi Pandemi

- Kamis, 3 Maret 2022 | 15:03 WIB
PWI Indramayu melakukan sejumlah inovasi di tengah pandemi Covid-19. (CIPYADI/PROTOKOL24)
PWI Indramayu melakukan sejumlah inovasi di tengah pandemi Covid-19. (CIPYADI/PROTOKOL24)

INDRAMAYU, PROTOKOL24 - Berbagai tantangan harus dihadapi wartawan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 atau yang dikenal dengan Covid-19. Mulai dari tantangan profesi wartawan yang masuk dalam kelompok ODR atau Orang Dalam Resiko yang rentan terkonfirmasi positif Covid-19 saat menjalankan tugas peliputan, merebaknya pemberitaan hoax, hingga bayang-bayang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), serta tantangan kejenuhan karena tugas pemberitaan terkait Covid-19.

Menjawab berbagai tantangan itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indramayu dibawah kepemimpinan Dedy S Musashi telah meluncurkan serangkaian inovasi dalam berbagai program sebagai implementasi Panca Aksi Dedikasi, yaitu dinamis, edukatif, integritas, komunikatif dan sinergi (Dedikasi) yang merupakan penjabaran misi PWI Indramayu masa bakti 2020-2023.

Ketua PWI Indramayu Dedy S Musashi mengatakan Covid-19 telah membuat semua orang dalam semua sektor seperti terkunci dalam pandemi, termasuk juga media. Awal lonjakan kasus yang terjadi pada Maret 2020, telah membuat banyak keluarga kehilangan orang-orang tercintanya. Termasuk bagi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indramayu yang juga telah kehilangan dua orang anggotanya selama masa pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Setahun Kepemimpinan Bupati Nina Agustina, Telah Banyak Masyarakat Indramayu Terbantu Layanan Dokmaru

Melansir data kemkes.go.id, tercatat pada Senin 20 Desember 2021 saja, jumlah orang yang terkonfirmasi positif virus corona di Kabupaten Indramayu telah mencapai 12.021 kasus, dan 544 orang diantaranya meninggal dunia, serta 11.467 orang dinyatakan sembuh.

“Tidak mudah memang menjalankan tugas sebagai wartawan di tengah pandemi Covid-19 ini. Namun berbagai tantangan itu, jangan sampai membuat kita menyerah dalam melaksanakan tugas,” ungkapnya, Kamis 3 Maret 2022.

Menurut Dedy, sejak kasus Covid-19 merangkak naik, berbagai tantangan bagi wartawan bersiap menghadang, hanya yang kuat yang akan tetap berdiri dan tidak akan tumbang.

Ia menguraikan kewajiban bekerja memburu berita di tengah ancaman Covid-19 menjadi tantangan pertama bagi wartawan. Untuk mendapatkan data yang faktual dan valid, wartawan terkadang harus siap berada pada garis terdepan untuk dapat menyajikan sebuah berita terbaiknya. Hal ini tentu membuat wartawan sangat rentan tertular virus Covid-19.

Kondisi ini membuat PWI Indramayu harus merelakan anggotanya tutup usia akibat terkonfirmasi positif Covid-19 dalam perawatan di RSUD MA Sentot Patrol, Indramayu. Sebagai wujud belasungkawa, PWI Indramayu menyerahkan santunan dan memberikan pendampingan terhadap keluarga yang ditinggalkan.

Halaman:

Editor: Cipyadi

Sumber: PROTOKOL24

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X