• Selasa, 16 Agustus 2022

Inspiratif, Pemuda Majasih Kelola Sampah Desa Termotivasi Spanduk Larangan Tanpa Solusi

- Rabu, 8 Juni 2022 | 21:51 WIB
RESIK BERSIH. Nang Iman bersama pemuda desa menginisiasi pengelolaan sampah di Majasih, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (CIPYADI/PROTOKOL24)
RESIK BERSIH. Nang Iman bersama pemuda desa menginisiasi pengelolaan sampah di Majasih, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (CIPYADI/PROTOKOL24)

 

INDRAMAYU, PROTOKOL24-  Timbul dari keresahan membaca spanduk bertuliskan dilarang membuang sampah di sini yang sering dijumpai, Nang Iman, bersama teman-teman tongkrongan menginisiasi pengelolaan sampah di Desa Majasih, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Menurut Iman, beberapa spanduk larangan membuang sampah yang sering dia jumpai, hampir di seluruh desa-desa di wilayah kecamatan, seharusnya dibarengi dengan solusi yang diberikan pemasang larangan yang kebanyakan dipasang oleh pemerintah desa setempat.

“Kalau dilarang buang sampah di sini, masyarakat harus buang di mana?, pemerintah desa yang memasang larangan seharusnya menyediakan solusinya”, ujar dia, Rabu, 8 Juni 2022.

Baca Juga: Heboh Video Viral Pria Nikahi Kambing, Begini Pengakuan Pembuat Video

Tanpa ingin protes dan tidak berbuat apa apa, sejak awal bulan Januari 2022, Nang Iman dan teman-teman pemuda, diantaranya Irmas, Slankers dan dari berbagai latar belakang komunitas lainnya, membentuk kelompok swadaya pengelola sampah yang diberi nama Resik Bersih dan memulai upaya pengelolaan sampah di Desa Majasih.

Solusi yang ditawarkan adalah pengurangan sampah dari sumbernya (rumah tangga) melalui jasa angkut sampah dan bank sampah.

Kini, Resik Bersih sudah mempunyai 424 anggota yang tergabung dan menggunakan jasa kelola sampah.

Iis Iswanto, sekretaris Resik Bersih, menjelaskan melalui Bank Sampah, secara tidak langsung dapat mengedukasi warga untuk meningkatkan kesadaran dalam memilah serta mendaur ulang sampah.

Baca Juga: Harga Tiket Borobudur Naik Pesat, Ini Kata Anggota Fraksi PDIP DPR RI 

Halaman:

Editor: Cipyadi

Sumber: PROTOKOL24

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X