• Sabtu, 25 Juni 2022

Sumber Anggaran Program 'Ledig' dan 'Dekat' Kabupaten Indramayu Disoal, Ini Penjelasan Pemerintah Daerah

- Senin, 16 Mei 2022 | 16:55 WIB
SEMPAT DIPROTES - Pemerintah Kabupaten Indramayu memastikan program Ledig dan Dekat telah masuk dalam struktur pembangunan. Hal ini sebagaimana telah diatur dalam Permendes nomor 7 tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.  (Pixabay )
SEMPAT DIPROTES - Pemerintah Kabupaten Indramayu memastikan program Ledig dan Dekat telah masuk dalam struktur pembangunan. Hal ini sebagaimana telah diatur dalam Permendes nomor 7 tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022. (Pixabay )


INDRAMAYU, PROTOKOL24- Program Lebu Digital (Ledig) dan Desa Kabeh Terang (Dekat) menjadi program prioritas dan menjadi salah satu unggulan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Namun pada pelaksanaannya, sumber anggaran kedua program tersebut masih dipertanyakan oleh sejumlah Kuwu atau Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Indramayu.

Bahkan protes terhadap pelaksanaan program ini pun sempat mencuat kepermukaan, hingga akhirnya Pemerintah Kabupaten Indramayu pun memberikan penjelasan terhadap pelaksanaan dan penganggaran kedua program prioritas tersebut.

Baca Juga: 13 Penumpang Tewas Saat Bus yang Ditumpanginya Terguling Menabrak VMS Jalan Tol 

Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik, Setda Indramayu, Sugeng Heryanto, menjelaskan, Ledig dan Dekat sesungguhnya telah masuk dalam struktur pembangunan. Hal ini sebagaimana telah diatur dalam Permendes nomor 7 tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Sugeng menambahkan Permendes tersebut, dana desa (DD) diperbolehkan bahkan harus digunakan untuk membiayai dua kegiatan prioritas semacam itu.

"Ledig itu sama saja dengan desa digital, beda penamaan saja, tetapi esensinya sama. Jadi jangan salah pemahaman. Dalam Permendes 7 2021 ada diatur soal desa digital. Golnya untuk mewujudkan smart city di setiap desa," jelas Sugeng Heryanto, Senin, 16 Mei 2022.

Baca Juga: Turut Merayakan, Ini 10 Ucapan Selamat Hari Raya Waisak yang Memiliki Makna Mendalam  

Mantan kepala DPMD itu lebih lanjut menjelaskan, kabar seolah-olah Pemerintah Kabupaten Indramayu memaksa pemerintahan desa menggunakan Dana Desa (DD) untuk program Ledig itu sangat tidak beralasan.

Sebab esensi dari Ledig atau desa digital sebenarnya sudah masuk dalam skala pembangunan pemerintah desa dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Cipyadi

Sumber: PROTOKOL24

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X