• Selasa, 4 Oktober 2022

Ini Cara Indramayu Dukung Kebaya Masuk Warisan Budaya Takbenda UNESCO, Ada Lomba Senam Berkebaya

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:25 WIB
Lomba Senam Berkebaya digelar Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat untuk mendukung kebaya sebagai warisan budaya takbenda yang telah didaftarkan Indonesia ke UNESCO. (PROTOKOL24)
Lomba Senam Berkebaya digelar Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat untuk mendukung kebaya sebagai warisan budaya takbenda yang telah didaftarkan Indonesia ke UNESCO. (PROTOKOL24)

 

INDRAMAYU, PROTOKOL24- Kabupaten Indramayu, Jawa Barat memiliki cara sendiri dalam mendukung kebaya sebagai warisan budaya takbenda atau intangible cultural heritage yang telah didaftarkan Indonesia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Dukungan yang diberikan Indramayu dilakukan melalui gebyar lomba senam berkebaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan dibuka oleh Bupati Indramayu Nina Agustina.

Seluruh peserta lomba senam dari 59 kelompok yang masing-masing timnya terdiri dari 9 orang, kompak mengenakan seragam kebaya yang dikreasikan demi mendukung kebaya masuk kedalam warisan budaya takbenda UNESCO.

Baca Juga: Peduli Pendidikan Diniyah, Bupati Indramayu Raih Penghargaan FKDT Jawa Barat 

Pada kesempatan itu, Nina Agustina menegaskan lomba senam berkebaya yang diselenggarakan ini sebagai wujud nyata bahwa masyarakat Kabupaten Indramayu memberikan dukungan penuh atas usaha pemerintah mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya takbenda ke UNESCO.

Ia juga menyatakan kegembiraannya karena kebaya yang dikenakan peserta lomba senam, juga disertakan kearifan lokal berupa motif-motif batik khas Indramayu.

"Padupadan kebaya dan batik khas Indramayu menjadikan kebaya semakin cantik untuk dikenakan. Ini bukti bahwa kebaya layak disebut warisan budaya takbenda," ujar dia, Kamis, 11 Agustus 2022.

Melalui kegiatan ini, Nina Agustina juga mengajak seluruh lapisan masyarakat melestarikan kebaya.

"Mari kita mencintai dan bangga mengenakan kebaya sehari-hari mulai sekarang dari Sabang sampai Merauke," ajaknya.

Halaman:

Editor: Cipyadi

Sumber: PROTOKOL24

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X